HUBUNGAN KEBERMAKNAAN HIDUP DAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS KEAGAMAAN DI PALANGKA RAYA

https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.345

Authors

  • Silvia Rahmelia STAKN Palangka Raya

Abstract

Salah satu hal yang sangat berperan dalam perkembangan individu adalah latar belakang pendidikan atau di mana individu tersebut bersekolah. Terkait dengan hal tersebut, toleransi dan kebermaknaan hidup sangat terkait erat dengan pengalaman individu dalam lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebermaknaan hidup dan toleransi beragama pada siswa sekolah menengah atas berbasis keagamaan di Kota Palangka Raya. Penelitian dilakukan pada enam sekolah berbasis keagamaan di Kota Palangka Raya, yaitu 1) SMA Kristen Palangka Raya; 2) SMA Katolik Santo Petrus Kanisius; 3) SMA IT Hasanka; 4) MAN Kota Palangka Raya; 5) SMA Muhammadiyah 1; dan 6) SMA NU Palangka Raya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa 1) terdapat hubungan antara kebermaknaan hidup dan toleransi beragama pada siswa SMA berbasis keagamaan di Palangka Raya. Hubungan yang terjadi tersebut bersifat positif yang berarti tingginya kebermaknaan hidup ditandai juga dengan tingginya toleransi beragama; 2) kekuatan hubungan antara kebermaknaan hidup dan toleransi beragama pada siswa SMA berbasis keagamaan di Palangka raya termasuk dalam kategori hubungan yang lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-29

How to Cite

Rahmelia, S. (2020). HUBUNGAN KEBERMAKNAAN HIDUP DAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS KEAGAMAAN DI PALANGKA RAYA. Dialog, 43(1), 49–58. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.345

Issue

Section

Articles