EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT

Authors

  • Achmad Dudin

DOI:

https://doi.org/10.47655/dialog.v42i2.334

Keywords:

Evaluasi, Penyelenggaraan, PDF Pesantren Darussalam Ciamis

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian penulis tahun 2019. Latar belakang penelitian ini adalah adanya persoalan mutu Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang strategis untuk diperhatikan demi efektifitas penyelenggaraan PDF ke depan. Penelitian ini mengambil kasus pada PDF tingkat Ulya Ciamis Jawa Barat. Data dan informasi yang diperoleh melalui penelitian kualitatif ini, merupakan hasilĀ  pikiran para ustadz, pengasuh, pengelola, pakar dan pejabat terkait serta analisis terhadap penyelenggaraan PDF di pesantren. Dari hasil penelitian ini disarankan beberapa hal, yaitu; perlunya meningkatkan kompetensi pendidik PDF; merumuskan ulang kurikulum PDF jenjang ulya dan Mahad Aly, yang bukan merujuk pada kompetensi tapi langsung pada kitab; penganggaran sarana sarana prasarana dan pembiayaan PDF yang memadai; penyiapan perencanaan pembelajaran dan pengelolaan proses pembelajaran PDF secara professional. Dari saran tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan seminar, orientasi, pelatihan dan workshop yang dilakukan oleh Kementerian Agama maupun pihak PDF itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT. (2020). Dialog, 42(2), 209-224. https://doi.org/10.47655/dialog.v42i2.334