MADRASAH DENGAN SISTEM BELAJAR MOVING CLASS

https://doi.org/10.47655/dialog.v42i1.323

Authors

  • Farida Hanun Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan

Keywords:

madrasah, moving class, kualitas belajar

Abstract

Penelitian Madrasah dengan sistem belajar moving class bertujuan mengetahui penyelenggaraan sistem belajar moving class di MTsN Andalan Kota Pekanbaru Propinsi Riau dengan metode kualitatip. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (a)  penyelenggaraan  sistem belajara moving class  memungkinkan proses pembelajaran lebih variatif, dinamis dan tidak jenuh serta menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas, (b) faktor  pendukung sistem belajar moving class adalah ruang kelas yang representatif dengan berbasis multimedia, dan  dukungan kepala madrasah, pendidik, dan peserta didik terhadap peningkatan kualitas pendidikan, (c) faktor penghambatnya yakni kurangnya ketersediaan loker (almari/rak tas), kurang maksimalnya ketersediaan media belajar sesuai dengan mata pelajaran, dan ketidakdisiplinan peserta didik. Rekomendasi penelitian adalah: (a) dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dianjurkan memvariasikan  metode pembelajaran dan desain kelas agar peserta didik tidak jenuh dengan suasana kelas, (b) madrasah perlu melengkapi ruang   kelas   dan   alat   bantu pembelajaran berbasis multimedia di setiap kelas, (c) Direktorat madrasah, perlu melakukan sosialisasi dan monitoring yang  intensif  untuk  memberikan  gambaran  yang  jelas tentang sistem moving class di madrasah, sehingga sistem ini dapat benar-benar dilaksanakan sebagai upaya mengoptimalkan pembelajaran di kelas dan  menghasilkan out put yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anim Hadi. 2008. Mengapa harus menggunakan moving class, Http://animhadi.wordpress.com diakses pada tanggal 8 Januari 2013.
Direktorat Pembinaan SMA, Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem Belajar Moving Class di SMA(Jakarta: Ditjen Mendikdasmen, 2010
Echols, John M dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia (Jakarta: Gramedia, 2003
Imanda, Rizky Cahya, Pengaruh model pembelajaran moving class terhadap motivasi belajara ekonomi siswa SMAN 1 Kota Probolinggo (Surabaya: Skripsi Fakultas Ekonomi Unesa, 2015
Lidiawati, Ria, Evaluasi Penerapan moving class pada pembelajaran Biologi di SMA 1 Slawi (Semarang: Skripsi Jurusan Biologi Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan, 2011
Moleong, Lexy.J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Keenambelas (Bandung: Remaja Rosda karya, 2007
Prabawa, Nanang, Pembelajaran sejarah dengan model moving class di SMA 1 Bantul (Semarang : Skripsi UNNES, 2009
Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer (Bandung: Alfabeta, 2008)
TIM Pelaksana Program Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) SMA Negeri 9 Yogyakarta, Rancangan Program Pembelajaran Dengan system Pindah Kelas (Moving Class) (Yogyakarta: Dinas Pendidikan Propinsi DIY, 2002)
TIM Pelaksana Program Rintisan Sekolah Kategori mandiri (SKM). 2008. Laporan Rancangan Program Pembelajaran dengan sistem pindah kelas (moving class) SMA 4 Kayuagung. Kayuagung. On line at www.sman4kag.sch.id [diakses tanggal 6 agustus 2010].
Undang-undang no.20 tahun 2003, tentang system Pendidikan Nasional Pasal 50 ayat 3
Zesi, Analisis Penerapan Sistem Moving Class di SMK N 6 Surakarta (Surakarta: Skripsi UNS, 2010)

Published

2020-02-12

How to Cite

Hanun, F. (2020). MADRASAH DENGAN SISTEM BELAJAR MOVING CLASS. Dialog, 42(1), 81–92. https://doi.org/10.47655/dialog.v42i1.323

Issue

Section

Articles