MADRASAH DENGAN SISTEM BELAJAR MOVING CLASS
Keywords:
madrasah, moving class, kualitas belajarAbstract
Penelitian Madrasah dengan sistem belajar moving class bertujuan mengetahui penyelenggaraan sistem belajar moving class di MTsN Andalan Kota Pekanbaru Propinsi Riau dengan metode kualitatip. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (a) penyelenggaraan sistem belajara moving class memungkinkan proses pembelajaran lebih variatif, dinamis dan tidak jenuh serta menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas, (b) faktor pendukung sistem belajar moving class adalah ruang kelas yang representatif dengan berbasis multimedia, dan dukungan kepala madrasah, pendidik, dan peserta didik terhadap peningkatan kualitas pendidikan, (c) faktor penghambatnya yakni kurangnya ketersediaan loker (almari/rak tas), kurang maksimalnya ketersediaan media belajar sesuai dengan mata pelajaran, dan ketidakdisiplinan peserta didik. Rekomendasi penelitian adalah: (a) dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dianjurkan memvariasikan metode pembelajaran dan desain kelas agar peserta didik tidak jenuh dengan suasana kelas, (b) madrasah perlu melengkapi ruang kelas dan alat bantu pembelajaran berbasis multimedia di setiap kelas, (c) Direktorat madrasah, perlu melakukan sosialisasi dan monitoring yang intensif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang sistem moving class di madrasah, sehingga sistem ini dapat benar-benar dilaksanakan sebagai upaya mengoptimalkan pembelajaran di kelas dan menghasilkan out put yang berkualitas.
Downloads
References
Direktorat Pembinaan SMA, Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem Belajar Moving Class di SMA(Jakarta: Ditjen Mendikdasmen, 2010
Echols, John M dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia (Jakarta: Gramedia, 2003
Imanda, Rizky Cahya, Pengaruh model pembelajaran moving class terhadap motivasi belajara ekonomi siswa SMAN 1 Kota Probolinggo (Surabaya: Skripsi Fakultas Ekonomi Unesa, 2015
Lidiawati, Ria, Evaluasi Penerapan moving class pada pembelajaran Biologi di SMA 1 Slawi (Semarang: Skripsi Jurusan Biologi Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan, 2011
Moleong, Lexy.J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Keenambelas (Bandung: Remaja Rosda karya, 2007
Prabawa, Nanang, Pembelajaran sejarah dengan model moving class di SMA 1 Bantul (Semarang : Skripsi UNNES, 2009
Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer (Bandung: Alfabeta, 2008)
TIM Pelaksana Program Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) SMA Negeri 9 Yogyakarta, Rancangan Program Pembelajaran Dengan system Pindah Kelas (Moving Class) (Yogyakarta: Dinas Pendidikan Propinsi DIY, 2002)
TIM Pelaksana Program Rintisan Sekolah Kategori mandiri (SKM). 2008. Laporan Rancangan Program Pembelajaran dengan sistem pindah kelas (moving class) SMA 4 Kayuagung. Kayuagung. On line at www.sman4kag.sch.id [diakses tanggal 6 agustus 2010].
Undang-undang no.20 tahun 2003, tentang system Pendidikan Nasional Pasal 50 ayat 3
Zesi, Analisis Penerapan Sistem Moving Class di SMK N 6 Surakarta (Surakarta: Skripsi UNS, 2010)