MADRASAH DENGAN SISTEM BELAJAR MOVING CLASS

Authors

  • Farida Hanun Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan

DOI:

https://doi.org/10.47655/dialog.v42i1.323

Keywords:

madrasah, moving class, kualitas belajar

Abstract

Penelitian Madrasah dengan sistem belajar moving class bertujuan mengetahui penyelenggaraan sistem belajar moving class di MTsN Andalan Kota Pekanbaru Propinsi Riau dengan metode kualitatip. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (a)  penyelenggaraan  sistem belajara moving class  memungkinkan proses pembelajaran lebih variatif, dinamis dan tidak jenuh serta menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas, (b) faktor  pendukung sistem belajar moving class adalah ruang kelas yang representatif dengan berbasis multimedia, dan  dukungan kepala madrasah, pendidik, dan peserta didik terhadap peningkatan kualitas pendidikan, (c) faktor penghambatnya yakni kurangnya ketersediaan loker (almari/rak tas), kurang maksimalnya ketersediaan media belajar sesuai dengan mata pelajaran, dan ketidakdisiplinan peserta didik. Rekomendasi penelitian adalah: (a) dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dianjurkan memvariasikan  metode pembelajaran dan desain kelas agar peserta didik tidak jenuh dengan suasana kelas, (b) madrasah perlu melengkapi ruang   kelas   dan   alat   bantu pembelajaran berbasis multimedia di setiap kelas, (c) Direktorat madrasah, perlu melakukan sosialisasi dan monitoring yang  intensif  untuk  memberikan  gambaran  yang  jelas tentang sistem moving class di madrasah, sehingga sistem ini dapat benar-benar dilaksanakan sebagai upaya mengoptimalkan pembelajaran di kelas dan  menghasilkan out put yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-12

Issue

Section

Articles

How to Cite

MADRASAH DENGAN SISTEM BELAJAR MOVING CLASS. (2020). Dialog, 42(1), 81-92. https://doi.org/10.47655/dialog.v42i1.323