Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Menciptakan Interaksi Edukatif Pada Pelatihan (Study Pada Diklat Model-Pembelajaran Kota Bekasi Tahun 2019)

  • Emma Himayaturohmah Balai Diklat Keagamaan Bandung
Keywords: Pendekatan saintifik, Interaksi edukatif

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta tentang interaksi edukatif dan penerapannya di kelas, khususnya bagi guru Madrasah. Rendahnya kemampuan pemahaman dan penerapan interaksi edukatif secara langsung berpengaruh pada kurang efektifnya proses pembelajaran, dan rendahnya minat belajar siswa. Tuntutan kurikulum guru diharuskan menerapkan pendekatan saintifik di kelas, sesuai tuntutan kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman peserta tentang pendekatan saintifik melalui penerapan interaksi edukatif dalam Diklat Model-Model Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta Diklat Model Model Pembelajaran bagi Guru Madrasah di Kota Bekasi Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan saintifik peserta sangat baik selesai mengikuti Diklat. Hal ini tampak dari penilaian peserta tentang penerapan interaksi edukatif oleh widyaiswara. Pada ciri interaksi edukatif 93,33 persen peserta menilai sangat baik pelaksanaannya. Pada pelaksanaan interaksi edukatif di kelas penilaian menunjukkan nilai 86,68 menyatakan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Achmadi dan Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Ciawi Jaya.
Burhanuddin. 2011. Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: Rineka Cipta.
Colin Rose, and Malcolm J. Nicholl (Terjemahan). 2009. Accelerated Learning For The 21st Century, Cara Belajar Cepat Abad 21. Bandung: Nuansa
John Dewey. 1964. Democracy and Education. New York: The Mc Milan Company.
Oemar Hamalik. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik, Dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Udin Syaefudin Saud, PH.D. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Kemdikbud. 2016. Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. 2014. Permendikbud nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Pupuh Fathurrohman dan Aa Suryana. 2012. Guru Profesional. Bandug: PT Refika Aditama.
Pusdiklat Tenaga Teknis dan Keagamaan. 2017. Surat Keputusan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia nomor 26 tahun 2017 tentang Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan tahun 2017 beserta Lampirannya. Jakarta: Pusdiklat Teknis Kementerian Agama.
Published
2020-02-12
Section
Articles