Internalisasi Nilai Pancasila melalui Penguatan Budaya Sunda di SMP Yayasan Atikan Sunda Kota Bandung

https://doi.org/10.47655/dialog.v47i1.862

Authors

  • Andri Nurjaman SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung
  • Mhd. Rasidin Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Darti Busni Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Doli Witro UIN Sunan Gunung Djati Bandung https://orcid.org/0000-0003-3332-2252
  • Rahmi Diana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

internalisasi, nilai Pancasila, budaya Sunda, SMP YAS, Kota Bandung

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai Pancasila melalui penguatan budaya Sunda di SMP Yayasan Atikan Sunda Kota Bandung. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif, penelitian dilakukan di SMP Yayasan Atikan Sunda Kota Bandung. Sumber yang digunakan untuk kepentingan penelitian ini adalah berasal dari sumber primer dan sumber sekunder, adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan dalam proses internalisasi lima nilai Pancasila ke dalam diri peserta didik. Adapun internalisasi nilai Pancasila melalui penguatan budaya Sunda di SMP Yayasan Atikan Sunda Kota Bandung terlihat pertama dalam penggunaan bahasa Sunda dan tatakrama sehari-hari, lalu peserta didik juga diwajibkan menguasai seni pupuh sunda dan menjadi standar kenaikan dan kelulusan peserta didik di sekolah. Kedua, dilakukan melalui ekstrakulikuler bernuansakan budaya Sunda yaitu seni penca, seni tari, rampak sekar, sastra Sunda, angklung, gamelan atau karawitan dan seni ukir wayang. Ketujuh ekstrakulikuler tersebut mengandung nilai-nilai Pancasila yang secara sadar ditanamkan oleh para pembina ke dalam diri para peserta didik.

Abstract

This article aims to determine the internalization of Pancasila values through the strengthening of Sundanese culture at the Atika Sunda Foundation Junior High School, Bandung City. This article uses a descriptive-qualitative research method, the research was conducted at Atika Sunda Foundation Junior High School, Bandung City. The sources used for the purposes of this research are derived from primary sources and secondary sources, while data collection techniques use interviews, observation and documentation. The technical data analysis uses the Miles and Huberman models, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results show success in the process of internalizing the five Pancasila values into students. The internalization of Pancasila values through strengthening Sundanese culture at the Atikan Sunda Foundation Middle School in Bandung City can be seen, First in the use of Sundanese language and daily etiquette, then students are also required to master the art of Sundanese pupuh and this becomes the standard for the promotion and graduation of students at school. Second, it is carried out through extracurricular activities based on Sundanese culture, namely the arts of pencak silat, dance, rampak sekar, Sundanese literature, angklung, gamelan or karawitan and wayang carving. The seven extracurriculars contain Pancasila values which are consciously instilled by the coaches into the students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. (n.d.). Visi dan Misi SMP YAS.

Agustina, I. O. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Memperkuat Cinta Budaya dan Daerah Melalui Kegiatan Sapoe Nyunda. Education, 3(2), 110–117.

Alwasilah, A. C., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogi: Landasan Praktik Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. JLMP: Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2).

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globalisasi. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2).

Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran dDi Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2), 106–119.

Ayu Shofarani, I., & Hidayat, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Film Animasi “Serial D.O.A” pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 927–945.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage.

Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan; Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (Ke-5). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fazli, R., Haddad, R. S., & Nurgiansyah, T. H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaan di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252–262.

Hadi, A. S., & Muryati, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa SMP Negeri 2 Belitang. Democratia Online, 1(1), 43–55.

Irawan, B., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2014). Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran PKn di Kelas VIII. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(6).

Irawan, Bambang, Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2014). Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran PKn di Kelas VIII. Paper Knowledge Toward a Media History of Documents.

Kolo, A., & Feka, Y. S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di SMA R.A Kartini Maktihan Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka melalui Film Inspiratif Berbasis Nilai Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 4(4), 45–53.

Kurniawan, M. W., & Lutfiana, R. F. (2021). Penguatan Nilai-nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SMA Se-Malang Raya. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 61–70.

Lemhannas.go.id. (2020). Pancasila di Tengah Era Globalisasi. Retrieved November 12, 2023, from https://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/berita-utama/844-pancasila-di-tengah-era-globalisasi

Maftuh, B. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, 2(2), 134–144.

Maimun, Sanusi, Yusuf, R., & Muthia, H. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Banda Aceh. Civicus : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 8–15. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1789

Malaka, S., Sanusi, Ruslan, & Maimun. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46.

Martono, N. (2016). Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Rajawali Pers.

Masyitoh, I. S. (2015). Peran AP3KNI Sebagai Wahana Pendidikan Karakter Berbasis Etnopedagogi untuk Membangun Generaasi Emas Kebangkitan Nasional Modern dalam Prosiding Seminar Nasional Penguatan Komitmen Akademik dalam Memperkokoh Jatidiri PKn. Bandung: Labolatorium Pendidikan Kewarganegaraan Departemen Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: Sage Publications, Inc.

Mona. (2010). Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kecakapan Kewarganegaraan Pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Universitas Indonesia.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Afabeta.

Observasi, SMP YAS Bandung, 25 Juli 2023. (2023).

Observasi, SMP YAS Bandung, 26 Juli 2023. (2023).

Observasi, SMP YAS Bandung, 27 Juli 2023. (2023).

Oktoriza, A. W., Sutoyo, & Supeni, S. (2023). Peran Guru PPKn dalam Internalisasi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa untuk Penguatan Karakter Demokratis Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Global Citizen, 12(1), 79–88.

Riska, D. F. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Educare: Journal of Primary Education, 1(2), 207–220. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.17

Riyanti, D., & Prasetyo, D. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Perguruan Tinggi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 82–96.

Rohayat, P. (n.d.). Sejarah SMP Yayasan Atikan Sunda.

Siregar, I., & Naelofaria, S. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Tingkat Sekolah Dasar (SD) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2), 130–135. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.135

Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019). Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Lirik Pupuh untuk Siswa Sekolah Dasar. Jaladri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33222/jaladri.v5i1.1467

Supeni, S. (2015). Pengembangan Model Internalisasi Pendidikan Karakter Pancasila Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Pendidikan, 1(34), 118–127.

Syaifudin, M., & Satmoko, A. (2014). Kontribusi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Pembentukan Perilaku Siswa SMA Negeri 19 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 02, 670–684.

Tirto.id. (2017). Mencegah Anak-Anak Melakukan Bullying Berbasis SARA. Retrieved November 12, 2023, from https://tirto.id/mencegah-anak-anak-melakukan-bullying-berbasis-sara-coMB

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1945. (1945). Jakarta: Gramedia.

Vivi, T., Akhwani, Nafiah, & Kasiun, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi melalui Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2420–2424.

Wiratomo, G. H., Wahono, M., & Kristiono, N. (2017). Model Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Oleh Guru POKN Jenjang SMP di Kota Semarang. Integralistik, 28(2), 119–130. https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i2.13721

Informan-Informan

JDPH, (2023), Siswa SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

K, (2023), Siswi SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

MAL, (2023), Siswa SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

MG, (2023), Siswi SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

PN, (2023), Pembina Ektrakulikuler Seni Tari, Wawancara, Bandung, 25 Juli.

RRR, (2023), Siswa SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

TM, (2023), Siswi SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

TNP, (2023), Pembina Ektrakulikuler Rampak Sekar, Wawancara, Bandung, 26 Juli.

TS, (2023), Siswi SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

Z, (2023), Siswi SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung, Wawancara, Bandung, 11 November.

Published

2024-06-30

How to Cite

Nurjaman, A., Rasidin, M., Busni, D., Witro, D., & Diana, R. (2024). Internalisasi Nilai Pancasila melalui Penguatan Budaya Sunda di SMP Yayasan Atikan Sunda Kota Bandung. Dialog, 47(1), 41–60. https://doi.org/10.47655/dialog.v47i1.862

Issue

Section

Articles