Moderasi Beragama Pesantren: Jaringan dan Paham Keagamaan As'adiyah, Darul Da'Wah Wal Irsyad, dan Nahdlatul Ulum Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.47655/dialog.v45i1.581Keywords:
As'adiyah, DDI, Nahdlatul Ulum, moderasi beragama, jaringan pesantrenAbstract
Kajian ini merespon temuan BNPT yang menyebutkan adanya pesantren yang disinyalir terafiliasi paham terorisme dan radikalisme. Kajian ini berfokus pada pesantren As'adiyah, Darul Da'wah wal Irsyad (DDI), dan Nahdlatul Ulum, terutama dari sisi jaringan dan model beragamanya sebagai basis moderasi beragama. Pertanyaan kajian ini adalah bagaimana jaringan dan model beragama pesantren As'adiyah, DDI, dan Nahdlatul Ulum Sulawesi Selatan serta relasi ketiganya dalam moderasi beragama? Kajian ini merupakan penelitian pustaka dan lapangan sekaligus. Kajian pustaka diarahkan untuk menelusuri sisi historis tiga pesantren tersebut terkait jaringan dan model beragamanya, sementara kajian lapangan diarahkan untuk mengungkap kebertahanan jaringan dan model beragamanya. Kajian ini menyimpulkan bahwa dari sisi jaringan, tiga pesantren tersebut saling mempengaruhi hingga berpangkal pada pengaruh tradisi pendidikan Islam dari Mekkah dan Jawa. Dari sisi model beragama, tiga pesantren tersebut menunjukkan upaya penerapan dan penyebaran paham moderasi beragama pada konteksnya masing-masing, yang terlihat sejak awal didirikannya yang didukung oleh pemerintah setempat, visi misinya yang memperbaiki akhlak dan intelektual umat, materi-materi kitab yang diajarkan, hingga pandangan para alumninya. Karena itu, perhatian sekaligus penguatan jaringan pesantren yang memiliki model beragama moderat perlu terus dilakukan, terutama dalam rangka menghindari masuknya paham radikalisme dan terorisme ke lembaga pesantren.
Kata Kunci: As'adiyah, DDI, Nahdlatul Ulum, moderasi beragama, jaringan pesantren
This study responds to the findings of the BNPT which states that there are pesantrens that are suspected to be affiliated with terrorism and radicalism. This study focuses on pesantrens of As'adiyah, Darul Da'wah wal Irsyad (DDI) and Nahdlatul Ulum, especially in terms of their religious networks and models as the basis for religious moderation. The question of this study is how are the networks and religious models of As'adiyah, DDI and Nahdlatul Ulum, and the relationship between the three in religious moderation? This study is both library and field research. The literature review is directed to explore the historical side of the three pesantren related to their networks and religious models, while field studies are directed to reveal the persistence of their networks and religious models. From this, this study concludes that the network of the three pesantren was influenced by the intellectual traditions of Mecca and Java. Even though all three have different religious models, all three show religious moderation. This can be seen from the beginning of its establishment which was supported by local government, its vision-mission to improve the morals and intellectuals of the people (umat), kitab materials taught, to the views of each alumni. Therefore, it is necessary to continue to pay attention to as well as strengthen the pesantren network that has a moderate religious model, especially in order to avoid the entry of radicalism and terrorism into Islamic boarding schools.
Keywords: As'adiyah, DDI, Nahdlatul Ulum, religious moderation, pesantren network
Downloads
References
Daftar Pustaka
Adyatama, E. (2022). Menyaring Paham. Koran.Tempo.Co. https://koran.tempo.co/read/nasional/471500/kementerian-agama-sisir-198-pesantren-yang-diduga-terafiliasi-dengan-jaringan-terorisme, diakses pada 16 Februari.
Ar-Raffany, Wahidin. (2008). AGH. Abd. Muin Yusuf: Ulama Kharismatik dari Sidenreg Rappang. Lakpesdam Sidrap.
Arif, Syamsuddin. (2007). Jaringan Pesantren di Sulawesi Selatan (1928-2005). Disertasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
As'adiyah Pusat, (n.d.). Sejarah As'adiyah. Asadiyahpusat.Org.
Awwaliyyah, Neny Muti'atul. (2019). Pondok Pesantren sebagai Wadah Moderasi Islam di Era Generasi Millenial. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, Vol. 8, No. 1, 36-62.
Azra, Azyumardi. (2007). Jaringan Ulama Timur dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Kencana.
Basri, H. (2019). Pengajian Halaqah dalam Membentuk Karakter Santri di Madrasah Aliyah As'adiyah Putra Sengkang di Macanang Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8 (1), 103-113.
Beger, Peter dan Thomas luckmann. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York: Doubleday.
Bruinessen, Martin Van. (1995). Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Mizan.
Burga, Muhammad Alqadri, dkk. (2019a). Accomodating the National Education Policy in Pondok Pesantren DDI Mangkoso: Study Period of 1989-2018. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, Vol. 5, No. 1, 82-99.
_____, dkk. (2019b). Penerapan Hukuman dalam Pembinaan Karakter Santri pada Pondok Pesantren di DDI Mangkoso. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Vol. 17, No. 2, 147-157.
_____, dkk. (2021). Eksistensi Pondok Pesantren DDI Mangkoso sebagai Lembaga Pendidikan Tradisional: Studi pada Masa Pandemi Covid-19. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, 317-336.
Darlis. (2016). Peran Pesantren As'adiyah Sengkang dalam Membangun Moderasi Islam di Tanah Bugis (sebuah Penetilian Awal). Al-Misbah, 12 (1), 111-140.
Dhofier, Zamakhsyari. (1982). Tradisi Pesantren. Jakarta: Sinar Harapan.
Dodge, B. (1962). Muslim Education in Medievel Times. DC: The Middle East Institute.
Fajrussalam, H. (2020). Core Moderation Values dalam Tradisi Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, Vol. 5, No. 2, 210-224.
Fathurrahman, Oman. (2004). Tradisi Intelektual Islam Melayu-Indonesia: Adaptasi dan Pembaharuan. Jurnal Studia Islamika, Vol. 8, No. 3, 207-222.
Gafar, Suyuti dan Muhammad Takbir. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam Abad ke-20 di Sulawesi Selatan. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1, 31-52.
Hafid, Abd. Karim. (1997). KH. Muhammad As'ad dan Perannya terhadap Pemurnian Aqidah Islamiyah di Wajo. Sengkang: Sekolah Tinggi Agama Islam As'adiyah.
Halim, Wahyuddin. (2012). Arung, Topanrita dan Anregurutta dalam Masyarakat Bugis Abad XX. Jurnal Al- Ulum, Vol. 12, No. 2, 317-334.
_____. (2015). As'adiyah Traditions: the Construction and Reproduction of Religious Authority in Contemporary South Sulawesi. Disertasi Australian National University.
_____. (2018). Young Islamic Preachers on Facebook: Pesantren As'adiyah and its Engagement with Social Media. Indonesia and the Malay World, Vol. 46, No. 134, 44-60.
Hasanuddin, Muhammad Irfan dan Sudirman. (2020). Transformasi Elemen Pesantren pada Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren As'adiyah Sengkang: Kontinuitas dan Perubahan. Iqro: Journal of Islamic Education, Vol. 3, No. 1, 103-118.
Helmy, Muhammad Irfan. (2021). The Understanding of Islamic Moderation (wasathiyyah al-Islam) and the Hadiths on Inter-religious relations in the Javanese Pesantrens. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, Vol. 11, No. 2, 337-401.
HS, Muhammad Alwi, dkk. (2021). The Dakwah Movement of Kiai Muda in Eastern Indonesia: Study of Islamic Application and Islamization Models of As'adiyah. Dialog, Vol. 44, No. 2, 139-151.
HS, Muhammad Alwi. (2021). Moderasi Beragama Muhammadiyah dalam Kajian Kesarjanaan Indonesia: antara Studi dan Dakwah Islam. Ma'arif, Vol. 16, No. 1, 79-97.
____. (2022). Observasi ke Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum, 28 Januari.
____. (2022). Observasi ke Pondok Pesantren DDI Mangkoso. 25 Januari 2022.
Husain, Saddam dan Andi Eki Dwi Wahyuni. (2021). Moderasi Beragama Berbasis Tradisi Pesantren pada Ma'had Aly As'adiyah Sengkang Wajo Sulawesi Selatan. Harmoni, Vol. 20, No. 1.
Idham. (2017). Pola Pengkaderan Ulama di Sulawesi Selatan (Studi pada Program Ma'had Aly Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang Kabupaten Wajo). Al-Ulum, Vol. 17. No. 2, 439-458.
Idris, M. (2019). Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Materi Menghindari Akhlak Tercela di Kelas XI MIA MA Putra DDI Mangkoso Kabupaten Barru. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, Vol. 1, No. 1, 22-29.
Ilham. (2017). Konsep Pendidikan Kader Ulama Anregurutta Muhammad As'ad Al-Bugisi (1907-1952). Disertasi Universitas Ibn Khaldun.
Ismail, Fatah. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jumriana. (2019). Studi tentang Pembinaan Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Sulawesi Selatan. Jurnal Al-Rabwah, Vol. 13, No. 1, 16-26.
Kalsum, Ummu. (2008). KH. Muhammad As'ad Pendiri Pondok Pensatren As'adiyah Sengkang. Makassar: Alauddin Press.
Kamal, Ahmad, dkk, (2019). Pelaksanaan Pengajian Halaqah dalam Pemahaman Keagamaan pada Ma'had Aly Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang Kabupaten Wajo. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, Vol.17, No. 2, 269-295.
Kementeria Agama RI. (2022). Pdpp (Pangkalan Data Pondok Pesantren). Ditpdpontren.Kemenag.Go.Id. http://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik
Latif, M. (2019). Pergulatan Pesantren dengan Modernitas (Bercermin pada Pondok Pesantren DDI Mangkoso Barru). Jurnal Al-Qalam, Vol. 25, No. 1, 379-392.
Malliongi, Muhammad Takbir. (2018). Negosiasi antara Tradisi dan Modernitas di Pesantren As'adiyah Sengkang Sulawesi Selatan. Kenosis, Vol. 4, No. 2, 220-223.
Mattulada. (1995). Latoa. Makassar: Hasanuddin University Press.
Mirnawati. (2011). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis pada MTs Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros. Tesis UIN Alauddin Makassar.
Muhammad, Firdaus. (2017). Anregurutta: Literasi Ulama Sulselbar. Makassar: Nala Cipta Litera.
Muhammad, Firdaus dan Suhadi(2018). Setia di Jalan Dakwah: 80 Tahun Dr. AGH. Sanusi Baco, Lc. Makassar: Gora Pustaka Indonesia.
Muhsin, Agus. (2014). Konstruksi Kaderisasi Ulama Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang dan Pondok Pesantren Darud Dakwah wal Irsyad Mangkoso: Tinjauan Terhadap Manhaj Fiqih Pesantren. Disertasi UIN Alauddin Makassar.
Muhsin, Agus. (2017). Fikih Pesantren dan Kaderisasi Ulama. Yogyakarta: Trust Media Publishing.
Muhsin, dkk. (2018). Metode Fleksibilitas Guru-Guru Pesantren Darud Dakwah wal Irsyad Mangkoso dalam Mencegah Faham Radikalisme. Jurnal Diskursus Islam, Vol. 6, No. 3, 501-516.
Muhtarom, Ali, dkk. (2020). Moderasi Beragama: Konsep, Nilai, dan Strategi Pengembangannya di Pesantren. Jakarta: Yayasan Talibuana Nusantara.
Muin, Muhammad Yunus. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang (Studi Model Pembelajaan dan Tradisi Keilmuan). Disertasi UIN Alauddin Makassar.
Muin, Mukrimah, dkk. (2021). Peran KH. Abdurrahman Ambo Dalle pada Pesantren Darud Da'wah wal Irsyad Mangkoso di Barru, 1938-1949. Attoriolog: Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah, Vol. 18, No. 1, 55-67.
Mujahad, Ayyub. (2019). Peran Santri dalam Tantangan Kontemporer di Nusantara: Telah Terhadap Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang Sulawesi Selatan sebagai Distributor Muballigh Terbesar di Indonesia Timur dalam. Dalam Muhammad Sofi Mubarok, dkk, Prosiding Muktamar Pemikiran Santri 2018. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Mustafa, Muhammad Sadli. (2018). Pengkaderan Ulama di Ma'had Aly Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pusaka, Vol. 6, No. 2, 183-196.
Mustam, Amiruddin. (2017). Pesantren dalam Dinamika: Studi pada Peranan As'adiyah dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Studi Pendidikan, Vol. 15, No. 1, 15-27.
Nashrullah, N. (2022). Sikapi Temuan BNPT, Kemenag Disarankan Perketat Kriteria IJOP Pesantren. Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/r6fchd320/sikapi-temuan-bnpt-kemenag-disarankan-perketat-kriteria-ijop-pesantren
Noorduyn. (1972). Islamisasi Makassar. Jakarta: Bhratara.
Pasanreseng, Muhammad Yunus. (1992). Sejarah Lahir dan Pertumbuhan Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang. Sengkang: PB. As'adiyah.
Rasyid, Ahmad. (2009). Darud Da'wah Wal Irsyad Abdurrahman Ambo Dalle. Pondok Pesantren DDI Abdurrahman Ambo Dalle Mangkoso.
Ridwan. (2021). AGH Sanusi Baco Diusulkan Jadi Bapak Moderasi Beragama. Nu.or.Id. https://nu.or.id/nasional/agh-sanusi-baco-diusulkan-jadi-bapak-moderasi-beragama-XtWBW
Ridhwan, dkk. (2019). Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Pada Masa Kerajaan Sampai Masa Orde Lama Di Bone, Sulawesi Selatan. Didaktika Religia, Vol. 20, No. 1, 83-98.
Sabit, M. (2012). Gerakan Dakwah H. Muhammad As'ad Al-Bugisi. Disertasi UIN Alauddin Makassar.
Samsir. (2012). Gerakan Pendidikan dan Sosial Keagamaan Darud Da'wah wal Irsyad (DDI) Mangkoso di Sulawesi Selatan. Jurnal Komunikasi dan Sosial Keagamaan, Vol. 15, No. 1, 85-94.
Shofan, M. (2019). Mendiskusikan Kembali Makna Moderatisme Muhammadiyah. Ma'arif, Vol. 14, No. 2, 4-11.
Streenbrink, Karel. (1986). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: Lembaga Penelitian,Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).
Tahir, Tarmizi. (2019). Hifdzul Daulah dalam Perspektif Maqashid Al-Syari'ah (Konsep Berbangsa dan Bernegara Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang). Dalam Muhammad Sofi Mubarok. Prosiding Muktamar Pemikiran Santri 2018. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Tauhid, Muammar, dkk. (2021). Peran Dakwah Anregurutta Haji Muhammad Sanusi Baco dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan pada Jama'ah Masjid Raya Makassar. Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Komunikasi, Vol. 2, No. 1, 1-12.
Wahid, Abdurrahman. (2007). Islam Kosmopolitan. Jakarta: The Wahid Institute.
Wahidah, Besse. (2018). Dakwah Halaqah Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Vol. 12, No. 1, 131-148.
Wahyuddin. (2017). Implementasi Nilai Kesetaraan Jender dalam Pendidikan Karakter (Studi terhadap Pondok Pesantren DDI Mangkoso dan Ummul Mukminin di Sulawesi Selatan). Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, Vol. 21, No. 2, 141-153.
Waspada. (2018). Anregurutta Sanusi Baco: Dinamika Dakwah dalam Apresiasi Lintas Tokoh. Makassar: Pustaka Al-Zikra.
Wawancara Via WhatsApp bersama Surahman. (2022). Alumni Pesantren Nahdlatul Ulum, 20 Februari.
Wawancara Via WhatsApp bersama Akbar Syam. (2022). Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum 20 Februari.
Wawancara Via WhatsApp bersama Ahmad Yasir Hafidz. (2022). Alumni Pesantren DDI, 11 Februari.
Wawancara Via WhatsApp bersama Nawir Iskandar. (2022). Alumni Pesantren DDI, 20 Februari.
Wawancara Via WhatsApp bersama Zulfajri Amiruddin. (2022). Alumni Pesantren DDI, 15 Februari.
Wawancara Via WhatsApp bersama Muhammad Agus. (2022). Pengasuh Pesantren DDI, 15 Februari.
Wawancara bersama Ilham Nur. (2021). Pengasuh Pesantren As'adiyah, 23 Desember 2021.
Wawancara Via WhatsApp bersama Agustina. (2022). Alumni Pesantren As'adiyah, 20 Februari 2022.
Wawancara Via WhatsApp bersama Merlinda. (2022). Alumni Pesantren As'adiyah, 20 Februari.
Website, A. (2016). Sejarah Berdirinya Darud Da'wah Wal Irsyad (DDI). Pontrenddikanang.Org. https://pontrenddikanang.org/sejarah-berdirinya-darud-dawah-wal-irsyad-ddi/
Wekke, Ismail Suardi (2018). Leadership Typology of Traditional Islamic Boarding School in Eastern Indonesia: Learning to Lead from DDI Mangkoso. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 12, No. 2, 331-348.
Zaking, S. (2022). Kemenag Akui Pernyataan BNPT Merugikan Pesantren. Jawapos.Com.
Ziemek, M. (1986). Pesantren dalam Perubahan Sosial. Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M).