IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TOLERANSI DI INDONESIA

  • Prosmala Hadisaputra Academy of Islamic Studies, University of Malaya
DOI: https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.355 | Abstract views: 3254
PDF Downloads: 1259
Keywords: pemetaan, implementasi, pendidikan, toleransi, Indonesia

Abstract

Artikel ini mendiskusikan dua rumusan masalah yaitu bagaimana pemetaan kajian pendidikan toleransi di Indonesia, dan bagaimana implementasinya. Artikel ini mempermudah peneliti selanjutnya dalam menentukan tema penelitiannya terhadap pendidikan toleransi. Kajian dilakukan melalui pendekatan literature review secara sistematik. Pencarian data dilakukan melalui google scholar. Untuk mempersempit pencarian, maka dilakukan pembatasan dengan beberapa strategi yaitu; kata kunci “pendidikan toleransi”, in title (semua kata kunci tercakup pada judul), dan tahun terbitan (2015-2020). Penulis menyimpulkan bahwa: 1) berdasarkan pemetaan (maping) terhadap kajian terdahulu, terdapat sejumlah gap yang perlu dikaji oleh peneliti selanjutnya; 2) implementasi pendidikan toleransi dapat dikategorisasikan berdasarkan lokasi implementasinya, yaitu sekolah, pesantren, komunitas pemuda, dan keluarga. Tempat yang paling sering dijadikan lokasi penelitian pendidikan  toleransi adalah sekolah dan pesantren, sedangkan tempat penelitian yang jarang dijadikan tempat penelitian pendidikan toleransi adalah komunitas dan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdurrohman. (2015). Membangun Sosiologi Inklusif Dalam Praktek Pembelajaran( Studi Pendidikan Toleransi Dengan Penerapan Permainan Dadu Pintar Pada Pembelajaran Sosiologi Siswa ). Jurnal Pendidikan, 10(2), 214–232.
Akmansyah, M. (2017). Membangun Toleransi Dalam Perspektif Pendidikan Spiritual Sufistik. Kalam, 10(2), 517. Https://Doi.Org/10.24042/Klm.V10i2.12
Ansari. (2019). Implementasi Budaya Toleransi Beragama Melalui Jalur Pembelajaran Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(1), 1–9. Https://Doi.Org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Beard, J. R., & Beard, C. (1968). Cassel's Latin Dictionary: Latin-English, English-Latin. London: John Cassel.
Dianita, G., Firdaus, E., & Anwar, S. (2019). Implementasi Pendidikan Toleransi Di Sekolah: Sebuah Kearifan Lokal Di Sekolah Nahdlatul Ulama. Tarbawy : Indonesian Journal Of Islamic Education, 5(2), 162. Https://Doi.Org/10.17509/T.V5i2.16752
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan. Al-’Ibrah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 72–92.

Erviana, V. Y., & Fatmawati, L. (2018). Urgensi Pendidikan Multikultural Sebagai Wadah Strategis Untuk Menanamkan Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar The. The 8th University Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto Urgensi, 297–302.
Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Toleransi: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangkal Paham Radikal Di Sekolah. Proceedings Of Annual Conference For Muslim Scholars, 9(Series 2), 561–571. Retrieved From Http://Proceedings.Kopertais4.Or.Id/Index.Php/Ancoms/Article/View/159
Herawati, & Kartina, D. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multikultural Untuk Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 7(2), 26–31. Https://Doi.Org/10.2940.Pena2018.71.225
Hindson, E., & Caner, E. (2008). The Popular Incyclopedia of Apologetics. Eugene: Harvest House Publisher.
Japar, M., Irawaty, I., & Nur, F. D. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94–104.
Junaedi, M. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Kencana.
Kelly, E. (2018). Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural Di Universitas Yudharta Pasuruan. Jurnal Psikologi, 5(1), 21–28.
Maemunah. (2018). Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Toleransi Beragama. Istighna, 1(1), 23–41. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Maksum, A. (2016). Model Pendidikan Toleransi Di Pesantren Modern Dan Salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 3(1), 81. Https://Doi.Org/10.15642/Jpai.2015.3.1.81-108
Malla, H. A. B. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Humanistik Dalam Membentuk Budaya Toleransi Peserta Didik Di Sma Negeri Model Madani Palu, Sulawesi Tengah Hamlan. Inferensi, 11(1), 163. Https://Doi.Org/10.18326/Infsl3.V11i1.163-186
Marzuki, I., & Muliadi, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Pkn ) Berbasis Toleransi. Jurnal Ilmiah Ikip Mataram, 3(2), 713–721.
Mawarti, S. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Pembelajaran Agama Islam. Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 70–90.
Mualimul Huda. (2018). Eksistensi Pesantren Dan Deradikalisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Menyemai Spirit Toleransi Dan Pendidikan Islam Multikultural). Fokus : Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1), 85–109.
Muhajarah, K. (2016). Pendidikan Toleransi Beragama Perspektif Tujuan Pendidikan Islam. An-Nuha, 3(1), 23–39.
Mumin, U. A. (2018). Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran Di Sekolah). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, Vol. 2(2), 15–24. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.1303454
Mustaqim, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Toleransi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 75–94. Https://Doi.Org/10.14421/Jpai.2019.161-05
Muzaki, I. A. (2019). Pendidikan Toleransi Menurut Q.S. Al-Baqarah Ayat 256 Perspektif Ibnu Katsier. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 3(2), 405–415.
Nasruddin. (2019a). Obyektivasi Sikap Toleransi Anak Dalam Pendidikan Islam Multikultural Keluarga Multi Agama. Pendidikan Multikultural, 3(1), 37–62.
Nasruddin. (2019b). Pendidikan Informal Sikap Toleransi Anak (Eksternalisasi Sikap Toleransi Anak Dalam Keluarga Multiagama Di Desa ‘Pancasila’ Turi Lamongan Jawa Timur. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(Islamic Studies), 57–88. Retrieved From Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Madura/Index.Php/Alinsyiroh/Article/View/3397
Nurbaeti; Amri Khalik; Khairun Nisa. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Sikap Toleransi Beragama Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (Snp2m), 289–294.
Nyoman, A. S. N. (2017). Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 12. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V3i1.88
Padil, M., & Tulus, M. (2015). Inklusivisme Pendidikan Islam (Studi Atas Pembinaan Nilai Toleransi Umat Beragama Di Pondok Pesantren Annuriyah Soko Tunggal Semarang). In Laporan Penelitian Kompetitif Uin Malik Ibrahim Malang.
Pramitasari, N. D. (2019). Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Damai Di Young Interfaith Peacemaker Community (Yipc) Regional Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(C), 2.
Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama Di Indonesia. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272. Https://Doi.Org/10.32332/Tapis.V1i02.876
Rahman, K. (2016). Strategi Pengembangan Nilai Toleransi Dan Pluralisme Dalam Pendidikan Pesantren. Hikmah Journal Of Islamic Studies, Xii(1), 107–140.
Rahmawati, N., & Munadi, M. (2019). Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 57–68.
Ramadhan, I., Salim, I., & Supridi. (2018). Pengaruh Pendidikan Multikultural Dan Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Toleransi Siswa Sma Pancasila Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2). Retrieved From Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/24068
Salman, A. M. Bin, Baihaqi, K., & Abdullah, M. (2017). Implementasi Hadis Toleransi Dalam Membangun Pendidikan Multikultural (Studi Living Hadis Di Pesantren Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo Surakarta). Laporan Penelitian Kompetitip Uin Surakarta, Surakarta.
Setiyawan, A. (2015). Pendidikan Toleransi Dalam Hadits Nabi Saw. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 219–228. Https://Doi.Org/10.14421/Jpai.2015.122-07
Soleha. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Beragama Di Madrasah Aliyah Dan Sekolah Menegah Atas Kabupaten Bangka. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 4(2), 208–237. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32923/Sci.V4i2.1132
Spring, U. O., Aharoni, A., Summary, R. V., & Elliot, R. C. (2010). Peace Studies, Public Policy and Global Security, Volume IV. Paris: Unesco-Eolss.
Thaufan, T., & Sapriya, S. (2018). Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program Pendidikan Berkarakter Purwakarta. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 17. Https://Doi.Org/10.25273/Citizenship.V6i1.1845
Tisnawati, N. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Perumahan Pns Kota Metro. J-Sanak_Jurnal Kajian Anak, 1(1), 37–52. (1998). Learning to Live Together In Peaceand Harmony: Values Education for Peace, Human Rights, Democracy and Sustainable Development for the Asia-Pasific Region. Document Resume, Bangkok.
Wulansari, Y. R., Sidiq, H., & Sulaiman, U. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Toleransi. Alfikr: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 29–32.
Zulkarnain. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Sarana Pembangunan Nilai Kerendahanan Hati Dan Nilai Toleransi Tinjauan Al-Quran. Waskita, 1(1), 61–76.
Published
2020-06-29
Section
Articles