PENYUSUNAN MATERI PEMBELAJARAN QAWAID NAHWIYAH DALAM KITAB AL-JURUMIYAH
Keywords:
Materi, Pembelajaran, Qawaid Nahwiyah, Bahasa Arab, JurumiyahAbstract
Bahasa Arab tanpa ilmu nahwu tidak dapat dimengerti. Kitab Jurumiyah, merupakan satu kitab rujukan dalam pembelajaran qawaid (tata bahasa Arab) yang biasa digunakan pesantren. Semua santri diharuskan mempelajari gramatika bahasa Arab sebagai dasar kemampuan bagi mereka dalam membaca kitab-kitab kuning yang menjadi rujukan dalam pembelajaran di pesantren. Fokus penelitian ini berkenaan dengan penyusunan materi pembelajaran qawaid dalam kitab Jurumyiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan susunan materi pembelajaran qawaid nahwiyah dalam kitab al-Jurumiyah yang ditulis oleh Ibnu Jurum atau dikenal Ash-Shanhaji. Penelitian ini adalah penelitian kualitataif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kitab Jurumiyah termasuk dalam kelompok jenis materi yang bersifat konseptual. Penyusunan materinya telah sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan materi dan adaptable dengan perubahan paradigma pembelajaran yang menekankan pada keaktipan siswa (santri) yang mempelajarinya.
Downloads
References
Abu Razin, Khairul Umam Ibnu Syahruddin Al-Batawy, (2015), Ilmu Nahwu untuk Pemula, Cara Cepat Belajar Struktur Kalimat Bahasa Arab dengan Rumus Sakti yang Praktis, Jakarta: BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab).
Ahmad Sehri bin Punawan, (2010), Metode Pengajaran Nahwu dalam Pengajaran Bahasa Arab, Jurnal Hunafa, Volume 7, Nomor 1 April 2010.
Ahmad Zaini Dahlan, (t.t.), Syarh Mukhtashar Jiddan ‘Ala Matni Al-Jurumiyah, Semarang, Toha Putra.
Departemen Agama, (2004), Profil Pondok Pesantren Mu'adalah, Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Depdiknas, (2008), Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Hifny Biek, dkk., (t.t.), Qawaid al-Lughah Al-Arabiyah, Surabaya, Maktabah Al-Hidayah.
Heri Gunawan (2012), Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, Alfabeta.
https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Ajurumiyah [update 1 April 2018]
Kholisin, (2003), Cikal Bakal Kelahiran Ilmu Nahwu, dalam Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 31, Nomor 1, Februari 2003.
Mahmud, (2011), Metode Penelitian Pedidikan, Bandung, Pustaka Setia.
Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid, (2018) Tuhfatus Saniyah Syarh al-Muqaddimah al-Ajurrumiyah, terdia dalam https://programtaisir. wordpress. com/2013/11/18/definisi-dan-contoh-bina/ [update, 13 April 2018]
Muhammad Syamsul Arifin, (2015) Pengembangan Materi Pembelajaran, tersedia dalam http://muhsyamsularifin.blogs.uny.ac.id/wp-content/ uploads/sites/1979/2015/12/Pengembangan-Materi-Pembelajaran.pdf [update 24 April 2018]
Muhammad Taqiyyudin Al-Alawy, (2018) Manaqib Imam Ash-Shonhajiy, Pengarang Kitab Al-Jurumiyah Fin Nahwi, tersedia dalam http://taqiyyuddinalawiy.com/manaqib-imam-ash-shonhajiy-pengarang-kitab-al-jurumiyah-fi-n-nahwi.html[diunduh 30 Maret 2018]
Sirajudin Nasihin, Dimensi Lain Ilmu Nahwu, Kajian Tasawuf Terhadap Matan Jurumiyah, Makalah. Tersedia dalam: ejournal.kopertais4.or.id/ sasambo/index.php/palapa/article/.../1660 [update 27 September 2018]
Suharsimi Arikunto, (2009), Prosedur Penelitian, Jakarta: Reineka Cipta.
Syeikh Majd al-Din Muhammad bin Ya'qub Al-Fairuz Abadi', (1983), Al-Qamus al-Muhit, Jilid V., Beirut Daar Al-Fikir.
Wiwik Wijayanti, (2011), Student Center; Paradigma Baru dalam Inovasi Pembelajaran, Majalah Ilmiah Pembelajaran, Nomor 1, Volume 7 Mei 2011.