Kapasitas Alumni Jurusan Pai Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Gunung Djati Bandung

https://doi.org/10.47655/dialog.v41i2.302

Authors

  • Suprapto Suprapto Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan

Keywords:

Kapasitas Alumni, Prodi PAI

Abstract

Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung sejak pendiriannnya telah mengeluarkan lulusan yang tersebar di berbagai macam lembaga dan profesi. Permasalahnya, sampai saat ini pendataan (tracer study) terhadap alumni belum terselenggara dengan baik. Padahal tracer study ini memiliki peran startegis dalam melacak alumni, merekam hasil pelacakan, dan menggunakan hasil pelacakan tersebut untuk perbaikan secara akademik maupun non-akademik. Pertanyaannya, kemana dan bagaimana kiprah alumni tersebut di masyarakat? Penelitian ini bertujuan untuk menghimpun dan mendata alumni yang berkarir di lembaga pemerintahan, swasta dan lembaga lainnya. Disamping itu untuk mengetahui kesesuaian kurikulum  jurusan PAI dengan karir alumni dan mengetahui pandangan alumni terhadap integritas ilmu-ilmu pendidikan agama Islam di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, melalui: pertama, teknik studi dokumentasi dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen resmi, dokumen yang keabsahannya terkait dengan keberadaan dan proses penyelenggaraan pelacakan alumni jurusan PAI. Kedua, teknik wawancara mendalam agar permasalahan menjadi jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) alumni jurusan PAI sebagian besar menjadi guru PAI di sekolah dan madrasah baik negeri maupun swasta dan hanya sebagian kecil  yang berprofesi sebagai karyawan, politikus, wartawan, LSM, pekerja seni dan lain-lain; 2) penilaian stakeholder terhadap alumni pada aspek Integritas, profesionalisme, Kerjasama tim dan pengembangan diri berkategori baik; 3) rendahnya kemampuan bahasa Inggris, bahasa Arab dan penggunaan Teknologi Informasi (TI) di kalangan alumni Jurusan/Prodi PAI. Maka direkomendasikan: 1) perlu review kurikulum Bahasa Inggris dan Bahasa Arab berdasarkan kebutuhan mahasiswa Jurusan PAI; 2) perlu peningkatan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara berkesinambungan, dengan memfokuskan kegiatan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris pada mahasiswa awal, tengah dan akhir studi; 3) perlu pengembangan teknologi informasi dalam perkuliahan dan pelatihan ICT bagi mahasiswa baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borang Jurusan/Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tahun 2016.
Data Jurusan/Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tahun 2016.
Friedman, M., 1998. Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktek. Jakarta: EGS, hal. 286.
Handoko T Hani.1994. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Yogyakarta: BPFE
http://perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/865f90867b77ca35
http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/1293/5/PROS_Lieli%20S-Ferrynela%20PL_Studi%20Penelusuran%20%28Tracer%20Study%29_Full%20text
Ichsan S dan Pratiwi, Ariyanti. 2005. Sukses dengan soft skills: Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah.
Notodihardjo, H., 1990, Pendidikan Tinggi dan Tenaga Kerja Tingkat Tnggii di Indonesia, Studi tentang Kaitan antara Perguruan Tinggi dan Industri di Jawa, Universitas Indonesia Press, Jakarta Putra
Paul B. Horotn, Chester L. Hunt, (1984), Sosusologi (Terjemah), Jakarta: Erlangga
Profil Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2016
Profil Jurusan/Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Tahun 2016.
Soerjono Soekamto, (2009), Sosiologi Suatu OPengantar, Edisi Baru, Jakrta: Rajawali Pers
Undang-undanag No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Published

2020-02-10

How to Cite

Suprapto, S. (2020). Kapasitas Alumni Jurusan Pai Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Dialog, 41(2), 199–214. https://doi.org/10.47655/dialog.v41i2.302

Issue

Section

Articles