OUTSTANDING MADRASAH WITH BILINGUAL CLASS
MADRASAH BERPRESTASI DENGAN KELAS BILLINGUAL
Keywords:
Madrasah, achievement, bilingual classAbstract
English
This qualitative study on Outstanding Madrasah with bilingual classes is aimed to reveal how the implementation of Bilingual class programs is conducted at State Primary Madrasah (MIN) I South Tangerang City. The findings indicate that: (a) the implementation of bilingual class program is projected to prepare the generation with foreign language profeciency, (b) bilingual program is supported by collaboration with Cambridge International Institute, the roles of madrasah committee and the support of madrasah headmaster in the quality of education, (c) the inhibiting problem of bilingual class with cooperative model is time consuming and sufficient infrastructure and learning resources, (d) Ministry of Religious Affairs should pay attention to the madrasah facilities that apply a bilingual class program for a better learning process.
Indonesia
Penelitian Madrasah Berprestasi dengan kelas bilingual bertujuan mengetahui pelaksanaan program kelas Bilingual di MIN I Kota Tangerang Selatan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) penyelenggaraan program kelas bilingual menghasilkan generasi penerus yang berkualitas dan menguasai bahasa asing, (b) faktor pendukung program bilingual adalah adanya jaringan kerjasama dengan Lembaga Cambride International, peranan komite madrasah dan dukungan kepala madrasah terhadap peningkatan kualitas pendidikan, (c) faktor penghambatnya yakni pembelajaran bilingual dengan model kooperatif membutuhkan waktu yang lebih banyak, belum lengkap sarana prasarana dan sumber belajar, (d) Kementerian Agama harus memperhatikan kebutuhan sarana prasarana madrasah penyelenggara program kelas bilingual sehingga dapat menunjang pembelajaran menjadi lebih baik.
Downloads
References
Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Amelia, Martina Rizky. “Motivasi Siswa Kelas Bilingual dan Siswa kelas Non Bilingual di SMPN 89 Jakartaâ€. Jurnal Psikologi 10, no.1 (2012).
Anindita, Ayu, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.
Hardianti. Implementasi Program Bilingual Dalam Pemeblajaran Matematika di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacap. Purwokerto: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Purwokerto, 2017.
Liyanti, Sisi Rahmah. Efektivitas Penerapan Pendekatan Bilingual Pada Pemberdayaan Sekolah Dalam pembelajaran Tema ke-7 (Tematik) di Kelas 1 SD Al-Syukro Universal Pamulang Tangerang Selatan. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatulloh , 2015.
Moleong, Lexy .J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya, Cetakan Keenam belas, 2000.
Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 90 Tahun 2013.
Santrock, John W. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga, Edisi 11, 2009.
Sari, Mayang. “Peningkatan pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Dengan Total Pshcal Response di TK Negeri Pembina Kab. Situngjung.†Jurnal Pesona PAUD 1, no. 2 (2008).
Sugianto, Bambang. “Optimalisasi Penerapan Kelas Bilingual menuju Pembelajaran Efektif Di SMP Negeri 1 Dukun Gresik.†Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 2, no.1 (2014).
Supiana. System Pendidikan Madrasah Unggulan. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen agama RI, 2008.
Wawancara
Wawancara bulan Maret 2014 dengan Itcje Khodijah guru kelas Bilingual pada MIN 1 Kota Tangsel.
Wawancara bulan Maret 2014 dengan Ibu Inti Farhati kepala MIN 1 Kota Tangsel.