READING INTEREST AND LITERATURE OF THE TEACHERS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SENIOR HIGH SCHOOL IN TANGERANG CITY, BANTEN
MINAT BACA DAN LITERATUR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA DI KOTA TANGERANG, BANTEN
Keywords:
Reading interest, religious literature, PAI, SMA, PAI teachers, TangerangAbstract
English
This paper discusses reading materials on religious topics consumed by the teachers of Islamic Religious Subject (Pendidikan Agama Islam [PAI]) in Senior High School (Sekolah Menengah Atas [SMA]) in Tangerang City, Banten Province. The teachers seem not to take benefit from Religious books as enriching literatures for the teaching of Islamic education materials. To glean the data, the study used questionnaires and interviews. The respondents of the study were 28 teachers of PAI. The study found that there were mainly two titles of the religious literatures commonly used by the teachers: Fiqh Sunnah, by Sayyid Sabiq, was mentioned 10 times, and Fiqh Islam, by Sulaiman Rashid was mentioned seven times. The study disclosed the facts that the teachers have no sufficient literatures on the studies of Qur'an, Hadith, Aqidah, Morals, and History of Islamic Culture. These areas were only mentioned once at average. The issue of “reading interest,†may be “low†in the context of enriching the subject materials, but it was “quite high†when associated with religious knowledge enrichment for everyday life.
Indonesia
Tulisan ini membahas tema bahan bacaan keagamaan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA di Kota Tangerang Banten. Buku bacaan keagamaan sebagai literatur pengayaan bagi para guru PAI SMA, khususnya di Kota Tangerang Banten tergolong masih sedikit dimanfaatkan. Metode pengumpulan data digunakan angket dan wawancara. Jumlah responden sebanyak 28 orang guru PAI. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa buku bacaan keagamaan yang relatif sering disebutkan hanya dua judul, dan keduanya untuk materi pembahasan fikih, yaitu Fiqih Sunnah, karya Sayyid Sabiq, disebutkan 10 kali, dan Fiqih Islam, karya Sulaiman Rasyid disebutkan tujuh kali. Temuan lain adalah minimnya referensi untuk materi-materi Al-Qur'an, Hadis, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), rata-rata hanya disebutkan satu kali. Persoalan “minat bacaâ€, bisa jadi “minim†dalam konteks memperkaya wawasan untuk menambah materi pembahasan mata pelajaran PAI, tetapi “cukup tinggi†jika dikaitkan dengan penambahan pengetahuan agama untuk kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Atmojo, Catur Nugroho Purno. Peran Perpustakaan Sekolah dalam Usaha Menumbuhkan Minat Baca Pada Siswa. Yogyakarta:, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Tugas Akhir Semester, 2017.
Badan Pusat Statistik. Kota Tangerang dalam Angka 2016. Tangerang: BPS. 2016.
Bahri, Saeful. “Studi Analisis Buku Pelajaran PAI Kelas XI Penerbit Erlangga.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011, h. 5162.
Dahlan, M. “Motivasi Minat Baca.†Jurnal Iqra', 02, no. 01 (2008): 21-32.
Dahri, Harapandi. “Studi Buku Pelajara PAI SMA Kelas X, XI, XII Penerbit Platinum.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar, Jakarta: BLAJ, 2011, h. 37-50.
Dawam, Kholid. “Studi Kasus Aktual Lektur Keagamaan: Telaah Buku PAI di Tingkat SMA.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar, Jakarta: BLAJ, 2011, h. 193-234.
Iswanto, Agus. “Buku PAI sebagai Teks Pembelajaran Aktif yang Kontekstual: Studi terhadap Buku Pelajaran PAI SMA Penerbit Grafindo Media Pratama dan Buku PAI Kelas XI SMA MGMP PAI Kota Medan.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011, h. 2-36.
————-. “Minat Baca dan Pilihan Literatur Keagamaan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA di Kota Bandung.†EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 15, no. 2 (2017): 283-301.
Kamalova, Lera A. & Koletvinova, Natal'ya D. “The Problem of Reading and Reading Culture Improvement of StudentsBachelors of Elementary Education in Modern High Institution.†International Journal of Environmental & Science Education 11, no. 4 (2016: 473-484.
Mueller, D. L. “Teacher attitude toward Reading.†Journal of Reading 17, no. 3 (1973): 202205. http://www.jstor.org/stable/40014231. (diakses 28 Februari, 2016).
Munawir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, Edisi Kedua, 1997.
Ninndy, Citra Mutiara, dkk. “Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Deskriptif di Kelas VIII D SMP Negeri 1 Bongas-Indramayu).†Dalam Prosiding Seminar Pendidikan Agama Islam, Gelombang 2, Tahun Akademik 2015-2016, Universitas Islam Bandung, 2016, 2(2): 273-281.
Nur, Mahmudah. “Studi terhadap Buku PAI Kelas XII Terbitan Yudhistira dan Persepsi Guru di Serang Banten.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011.
————-. “Minat Baca Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Literatur Keagamaan Di SMA.†EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 15, no. 2 (2017): 327348.
Nursaliha, Laila, Minat Baca Guru Sekolah Dasar di Era Informasi (Studi Lapangan Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta). Yogyakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Skripsi, 2017.
Pittman, Pamela dan Honchell, Barbara. “Literature Discussion: Encouraging Reading Interest and Comprehension in Struggling Middle School Readers.†Journal of Language and Literacy Education 10, no. 2 (2014): 118-133.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Rosadi, M. “Telaah Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Terbitan Erlangga Kelas X: Studi Kasus di SMAN 2 Padang.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011
Squires, Scot. The Effects of Reading Interest, Reading Purpose, and Reading Maturity on Reading Comprehension of High School Students. Kansas: the School of Education of Baker University, EdD Thesis, 2014.
Syarif. “Studi Buku Teks PAI di Kota Pangkal Pinang.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011
Tarobin, Muhammad. “Menakar Unsur-Unsur Radikal-Intoleran (Telaah Buku Pelajaran Agama Islam SMA Kelas X Terbitan Yudhistira dan Persepsi Guru di Kepulauan Riau).†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011
Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011.
Tim Peneliti PPIM UIN Jakarta. Policy Brief, Tanggung Jawab Negara terhadap Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016.
Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, Cet. 3, 2005.
Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
Yani, Zulkarnaen. “Studi Teks Buku PAI Kelas XII Terbitan Erlangga di Palembang.†Dalam Tim Peneliti Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan Balai Litbang Agama Jakarta. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: BLAJ, 2011
Informan
Nurhasan, Wawancara, pada 24 Agustus 2016 di Tangerang.
Syafrial, Wawancara pada 29 Agustus 2016 di Tangerang.