CASE STUDY ON CURRICULUM IMPLEMENTATION 2013 IN SOME MADRASAH ALIYAH IN WEST KALIMANTAN PROVINCE

STUDI KASUS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA BEBERAPA MADRASAH ALIYAH DI PROPINSI KALIMANTAN BARAT

https://doi.org/10.47655/dialog.v41i1.282

Authors

  • Ahmad Dudin Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan

Keywords:

Evaluation, implementation, curriculum 2013, Madrasah Aliyah

Abstract

English

This paper is the result of a case study in 2016. The study was overshadowed by the implementation of the 2013 curriculum in Islamic Senior High School (Madrasah Aliyah). It was conducted in several Madrasah Aliyahs in the Province of West Kalimantan. The data and information were collected using qualitative-evaluative study through qualitative and descriptive approach. The study is mainly based on some accounts of various parties involved in the implementation of the 2013 curriculum (K.13), such as the primciples, teachers, supervisors and madrasah committees. The findings of this research indicate that the implementation of K.13 in the provincial office of Ministry of Religious Affairs as the pilot project in 19 MAs is a priority, but the second policy after the issuance of the General Director of Islamic Education Regulation no. 482 Th. 2015 on the peer Madrasah for the implementation of K.13 in the academic year 2014/2015. However, this initiative needs to consider the level of readiness among the MAs in the province due to the unavoidable local obstacles.

Indonesia

Tulisan ini merupakan hasil studi kasus tahun 2016. Latar belakang dari studi kasus ini adalah adanya persoalan implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah, yang menuntut perbaikan. Studi ini mengambil kasus di beberapa MA di Propinsi Kalimantan Barat. Data dan informasi diperoleh melalui studi kualitatif evaluatif, dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Hasil studi ini, merupakan penilaian atau pendapat dari berbagai pihak yang terlibat dalam implementasi kurikulum 2013 pada beberapa MA di Propinsi Kalimantan Barat, seperti kepala MA, guru, pengawas, dan komite madrasah.Temuan penelitian ini menyebutkan bahwa kebijakan implementasi K.13 di Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat, untuk pilot project terhadap 19 MA, adalah prioritas, namun kebijakan kedua setelah diterbitkannya Peraturan Dirjen Pendis Kemenag No. 482 Th. 2015 tentang Penetapan Madrasah Pendampingan K.13, maka Tahun Pelajaran 2014/2015 memberlakukan K.13 namun keberadaanya perlu ditopang kesiapan yang matang mengingat dalam implementasi K.13 se Kalbar banyak ditemui kendala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wahab, Solichin. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2008.

Abidin, Y. Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: Rafika Aditama, 2013.

Daryanto. Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum2013. Yogyakarta: Gava Media.

DeLeon P. “The missing ling reviseted: contemporary implementation research.†Policy Studies Review 16 (2006).

Dunn, W.N. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah mada University Press, terjemahan Samodra W, Diah Asitadani, Erwan AP, Edisi Kedua, 2000.

Dwidjowijoto, Riant Nugroho. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, 2004.

Dye, Thomes R. Understanding Public Policy. Prentice Hall: Englewood Cliffs, 1981.

Fadlillah, M. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/ MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Hosnan, M. Pendekatan saintifik dan kontekstua ldalam pembelajaran abad21: kunci sukses implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Implementasi dan Evaluasi Kurikulum 2018. http:// kurikulum2013indonesia. blogspot.com/ 2013/12/ implementasi-kurikulum-2013.html (diakses 8 Juli 2018).

Implementasi Kurikulum 2013. https:// annisarosmma.wordpress.com /2014/07/10/ (diakses 8 Juli 2018).

Kunandar. Penilaian autentik: penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Lie, A. Kooperatif learning (mempraktikkan cooperative Learning di ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo, 2012.

Matsur. “Implementasi K.13 dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP.†Jurnal Inovasi TP 4: (2017): 50-64.

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian (2013).

Mendikbud RI. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (2013).

Naskah Akademik Kuriukulum 2013,

Kemendikbud RI Tahun 2013.

Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln (Eds). Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, 1994.

Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Sudarsono, Beberapa Pendekatan Dalam Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Gajah Mada University Pers, 1992.

Published

2018-06-01

How to Cite

Dudin, A. (2018). CASE STUDY ON CURRICULUM IMPLEMENTATION 2013 IN SOME MADRASAH ALIYAH IN WEST KALIMANTAN PROVINCE: STUDI KASUS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA BEBERAPA MADRASAH ALIYAH DI PROPINSI KALIMANTAN BARAT. Dialog, 41(1), 19–34. https://doi.org/10.47655/dialog.v41i1.282

Issue

Section

Articles