ASSESSMENT STUDIES RELIGIOUS EDUCATIONAL EDUCATION MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (MDT) IN HONG KONG

STUDI ASESMEN RINTISAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (MDT) DI HONG KONG

  • Iyoh Mastiyah Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan
Keywords: Pioneer, diversity education, Madrasah Diniyah Takmiliyah

Abstract

English
This study describes the pilot project of religious education in the form of Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) in Hong Kong. The findings show that Islamic Religious Education in HK has developed both in the form of organizations and Islamic teaching circles (Majelis Taklim). However their roles are considered limited, for they only provide religious education for adults and for children. This situation is due to the lack of competent teachers of Islamic subjects. Islamic Religious Education for children is available at the Consulate General office although the supporting factors are still limited. To boost further development, a stakeholder committee of the madrasah has been formed by taking into account all potentials and opportunities.

Indonesia
Studi ini mendeskripsikan rintisan pendidikan keagamaan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) di Hong Kong. Temuan penelitian menunjukan bahwa perkembangan Pendidikan Keagamaan di HK cukup menggembirakan terbukti banyaknya lembaga Pendidikan Keagamaan baik dalam bentuk organisasi maupun Majelis Taklim yang kegiatannya cukup semarak. Namun peranannya dalam pendidikan keagamaan Islam masih terbatas, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Karena kurangnya tenaga ustadz yang memiliki kompetensi di bidang agama. Walaupun Pendidikan Keagamaan Islam bagi anak-anak telah tersedia di KJRI, namun kondisinya masih terbatas. Oleh karena itu berdasarkan peluang dan potensi yang tersedia, telah disepakati adanya rintisan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang diikuti komitmen (agreement) dengan terbentuknya stackeholder atau tim penyelenggara rintisan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Hong Kong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Abi Muhammd Ibn Ismail al-Bukhari. Matan al-Bukhari, Juz Awwal, Bab Janaiz, TT. Tanpa Kota Dar al-Ihya al al-Arabiyah.

al-Jauziyyah, Ibn Qayyim. Tuhfatu al-Maudud bi al-Ahk©mi al-Maulud,. Maktabah al Mathaby, Qahirah Mesir, Tanpa Tahun.

Al Jauzi, Ibn Qoyyim. al-Thibb al-Ruhani. Damsyik: al-Tharaqqi, 1348.

Dokumen Profil Indonesian Women Muslim Association, HK, 2016.

Dokumen Islamic Union Wan Chai, HK, 2016.

Dokumen PP No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

h t t p s : / / i d . w i k i p e d i a . o r g / w i k i / Hong_Kong.ZonaZeruu.blogspot.co.id/ 2016/02/siapa orang-asia-bahkan-duniayang-tidak.ktml?m=1.

http://www.dw.com/id/tujuh-negara-tujuanfavorit-tki/g-19238056.

http,//wikipedia.org/wiki/hong_kong#cite-_noteCencus-5.

http,//wikipedia.org/wiki/hong_kong#cite-_noteCencus-6.

Hamidi. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhammadiyah, 2004.

Morissan. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Harisyah Alam, Rudy. Potret Pendidikan Keagamaan Kaum Muslim Indonesia di HK. Balai Litbang Kemenag DKI Jakarta, 2015.

Wawancara

Wawancara dengan Helena Tuanakotta, Consular Pensosbud KJRI HK, 21 Nopember 2016.

Wawancara dengan Wiwi, BMI, HK, 21 Nopember 2016.

Wawancara dengan Ani dan Supiratun, BMI, HK, 19 Nopember 2016.

Wawancara dengan H.Abdul Muhaemin Karim, M.A, Pembina Islamic Union, HK, 19 Nopember 2016.

Wawancara dengan Ina Tanjung, Pengurus Muslimat HK, 18 Nopember 2016.

Wawancara dengan Suparno, BMI, Kordinator Lapangan POSMIH, HK 21 Nopember 2016.

Wawancara dengan Dhani Kusuma, pengurus Darma Wanita KJRI, Pengelola Pengajian Anak-anak, 21 Nopember 2016.

Wawancara dengan Malinda dan Endang BMI, HK, 19 Nopember 2016.

Wawancara dengan Yolfis, Staf KJRI HK, 16 Nopemeber 2016.

Wawancara dengan Ustadz Rozak, Pengurus PCI NU HK, 21 Nopember 2016.

Wawancara dengan Teguh Subaryanto Staft KJRI HK, Pengurus PCI NU, 21 Nopember 2016.

Wawancara dengan Sofiyati, sekretaris POSMIH, HK, 9 Desember 2016.

Wawancara dengan Aan, BMI, HK, 20 Nopember 2016.

Published
2018-06-01
Section
Articles